Sabtu, 11 April 2015

TUGAS WAWANCARA "BATIK SOLO"

Diposting oleh Unknown di 14.12
Wawancara yang saya lakukan dengan Manajer Batik Semar Solo

  • SIAPA NAMA NARASUMBER ?
  • DIMANA NARASUMBER TINGGAL ?
  • APA SAJA JENIS KOLEKSI BATIK YANG ADA DI BATIK SEMAR ?
  • BERAPA KISARAN HARGA DI BATIK SEMAR ?
  • BAGAIMANA KONDISI BATIK SEKARANG ?
  • BAGAIMANA HARAPAN IBU UNTUK PELESTARIAN BATIK ?




NARASUMBER : Ir. KUSNIWATI Store Manager PT BATIK SEMAR
ALAMAT            : Jagalan RT 04 RW 06, Solo.
   
Isi wawancara :

Batik adalah warisan budaya yang harus di lestarikan. Ir. Kusniwati adalah Store Manager PT Batik Semar yang di wanwancarai bulan kemarin mengemukakan, “jenis batik yang ada di Batik Semar ada dua pembeda yaitu batik casual atau koleksi dan batik biasa, batik casual di produksi 4 bulan sekali dengan 3 model berbeda, dan ada batik koleksi  yang di produksi 2 kali yaitu edisi lebaran dan natal, karena Batik Semar toleren dengan agama keduanya di luncurkan pada saat hari raya tersebut tiba.

Produk non koleksi non casual ada beberapa konfeksi yang ada di Solo, ada blues, daster, caftan dan sutra, dalam segi prosesnya ada tulis, cap dan kombinasi. Dan kisaran harga produk fasion sampai kerajinan tangan yaitu, mulai dari produk paling murah adalah kipas super mini seharga empat ribu rupiah sampai produk paling mahal ialah sutra esklusif limited edition dengan harga 28 juta rupiah”.

Kusniwati menambahkan, “Batik adalah warisan budaya yg perlu di lestarikan, dulu batik hanya di pakai oleh orang tua tapi sekarang batik di gunakan mulai dari anak-anak, remaja, setengah tua, dan orang tua semuanya memakai batik, dan luar biasa batik itu sekarang adalah produk yang mendunia, bukan hanya di Indonesia saja bahkan orang luar negeri memberikan apresiasi kepada batik. Dan kedepannya semoga batik berkembang lebih pesat lagi”.

Harapan Kusniwati tentang batik, “Orang tidak hanya tau tentang produknya saja, namun perlu adanya sebuah workshop, sosialisasi, dan penerapan-penerapan kepada generasi muda terutama untuk anak-anak kecil yang harus di berikan bimbingan dan pengertian bahwa batik itu adalah karya seni tinggi  yang harus di lestarikan. Dengan adanya workshop, orang tau proses pembuatan batik dengan kesulitan yang berbeda, harga juga akan berbeda.” Jelasnya .
            


2 komentar:

D Sukmana Adi on 15 April 2015 pukul 08.48 mengatakan...

sudah bagus mbak ini, cuma kurang fotonya.. :)

antok on 17 April 2015 pukul 13.05 mengatakan...

Sudah sip, cuman font di posting gak usah di bold
Tugase njenengan to pak danang? :)

Posting Komentar

 

Celoteh Sherly Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei